Pages

Saturday 15 October 2011

Bijaksana Menggunakan Kartu Kredit

Banyak orang menyukai kartu kredit, karena kartu kredit merupakan pilihan pembayaran yang praktis tanpa perlu membawa uang cash. Kartu kredit akan sangat bermanfaat pada saat-saat darurat ketika kita tidak memiliki uang tunai. Misalnya saat harus membayar tagihan rumah sakit.

Meski menggunakan kartu kredit lebih leluasa dan mudah,  namun yang perlu diinget adalah menggunakan kartu kredit sama saja dengan berhutang. Karena kemudahannya dan tidak perlu mengeluarkan uang saat membeli sesuatu, sering membuat kita asyik berbelanja dan pada akhirnya total tagihan kartu kredit membengkak. Sehingga kita harus merencanakan kapan harus menggunakan kartu kredit dan kapan kartu kredit tidak kita gunakan.

Keleluasaan dan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh kartu kredit dapat kita sikapi dengan bijaksana, antara lain :
1. Jangan memiliki terlalu banyak kartu kredit 
Memiliki banyak kartu kredit akan membebani kita dengan iuran tahunan dan tentu saja akan menggoda kita untuk berbelanja lebih banyak lagi. Maksimal 2 kartu kredit yang kita miliki.
2. Anggarkan dana untuk kartu kredit
Dalam menyusun anggaran belanja, masukkan besarnya dana maksimal yang boleh digunakan oleh kartu kredit.
3. Mencatat pembelian yang menggunakan kartu kredit
Hal ini akan membantu kita untuk mengetahui berapa besar jumlah yang harus sehingga dapat membantu kita juga untuk 'mengerem' pembelanjaan selanjutnya.

4. Usahakan untuk selalu membayar penuh tagihan
Tujuannya adalah agar kita tidak terbebani dengan bunga yang besar. Bila kita sudah memiliki hutang kartu  kredit, prioritaskan dengan sungguh-sungguh untuk segera melunasi hutang kartu kredit kita.

5. Hindari menggunakan kartu kredit untuk menarik tunai
Kartu kredit bisa digunakan untuk menarik uang tunai di ATM, tetapi bunga penarikan tunai seringkali lebih tinggi daripada bunga pembelanjaan.

6. Waspadai penipuan kartu kredit
Modus penipuan kartu kredit semaki bermacam-macam. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati dengan tidak memberikan informasi mengenai kartu kredit kita dan informasi pribadi yang berkaitan dengan kartu kredit. Dan jangan pula meminjamkan kartu kredit kepada orang lain.

Jangan biarkan keungan kita memburuk dengan terlilit hutang kartu kredit dan gunakan kartu kredit secara bijaksana.

info dari Ayahbunda dan kumpulan info 

No comments:

Post a Comment